Thursday, February 25, 2016

Gejala Pompa Bensin Bermasalah Pada Karburator



Gejala Pompa Bensin Bermasalah Pada Mobil Karburator
Oleh : Gar Arifin

tanda-tanda pompa bensin atau fuel pump mulai bermasalah pada mobil yang menggunakan karburator contoh daihatsu espass pick up yang menggunakan pompa bensin elektrik dengan diafragma.








Gambar diatas adalah gambar pompa bensin daihatsu espass pick up, pompa bensin jenis ini bisa juga dipakai untuk memodif atau mengganti pompa bensin mobil karburator yang masih memakai pompa mekanis jika mengalami kerusakan.



Harga Pompa Bensin Espass dan Cara Pemasangan Pompa Bensin

Sekedar info harga pompa bensin espass diatas sekitar 350 ribuan dan cara mengganti cukup mudah yaitu dua saluran untuk saluran bensin dari tanki dan menuju karburator, serta dua kabel positif dan negatif. Untuk kabel positif tinggal di colokan ke soket yang lama, jika soket sudah tidak ada bisa disambungkan kabel langsung ke sekring engine. Untuk kabel negatif tinggal dibautkan saja ke body kendaraan menggunakan baut 10 mm.

Penyebab pompa bensin rusak biasanya karena umur dan memang seharusnya sudah minta diganti, apakah bisa diperbaiki pompa bensin yang rusak tersebut? Saya rasa itu adalah langkah yang sia-sia, karena pompa bensin akan bermasalah kembali.

Salah satu contoh saja yang saya temui saat pompa bensin sudah mulai bermasalah adalah mesin mrebet dan tiba-tiba mati, saat distarter ulang mesin bisa hidup tetapi saat digas langsung mati karena pompa bensin hanya bekerja untuk sesaat setelah kunci kontak ON.

Artinya pompa bensin bekerja baik saat awal hidup, tetapi saat pompa bensin sudah panas tidak sanggup untuk memompa bensin.


No comments:

Post a Comment

Blog Archive