Arti Dan Maksud Angka 108 kPa atau 1.1 Pada Tutup Radiator
Otomotifmobil.com,
Apa arti angka 108 kPa dan 1.1 atau makna angka 108 kpa atau 1.1 pada tutup radiator baik mobil atau pun motor.
Radiator cap atau tutup radiator adalah merupakan bagian dari komponen pada sistem pendingin untuk mesin mobil untuk mengatur tekanan air saat air radiator sudah panas.
Tutup radiator akan mengalirkan air ke tabung reservoir jika tekanan didalam sistem pendingin mesin melebihi tekanan pada tutup radiator yang biasanya tertulis diatas tutup radiator ada yang menggunakan angka 1.1 atau pun 108 kPa.
Arti angka 108 kPa adalah pada tekanan air radiator 108 kilo Pascal akibat panas mesin maka klep pada tutup radiator membuka dan air radiator akan mengalir ke tabung air cadangan. Tutup radiator 108 kPa memiliki spesifikasi atau toleransi bawah dan atas, yaitu berada disekitar 93,3 kPa hingga 122,7 kPa.
Arti atau maksud angka 1.1 pada tutup radiator adalah air radiator akan mengalir ke tabung reservoir jika tekanan air radiator melebihi atau berada disekitar 1.1 kgf/cm2 tekanan antara Pascal dan kgf/cm2, 108000 Pascal (108 kPa) sama dengan 1.1 kgf/cm2. Perbandingan atau perbedaan antara tutup radiator 108 kPa dengan tutup radiator 1.1 kgf/cm2 adalah sama saja, cuma satuan ukur yang dipergunakan yang berbeda.
Apa pengaruhnya jika spek tutup radiator tersebut berubah baik oleh karena umur atau yang lain, kerena itu perlu memeriksa tekanan tutup radiator silakan lihat pemeriksaan tekanan tutup radiator, jika lebih cepat membuka jauh sebelum tekanan yang diijinkan akan mengakibatkan sering berkurangnya air radiator.
Dan jika tutup radiator tidak membuka pada tekanan yang diijinkan atau macet bisa mengakibatkan kebocoran pada sistem pendingin atau kerusakan pada radiator, karena terjadi tekanan yang berlebihan di dalam cooling sistem kendaraan.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
-
MACAM MACAM SENSOR PADA MOBIL INJEKSI (EFI) Pada mobil-mobil keluaran pabrikan sekarang sudah menggunakan mesin jenis EFI (Electrical Fu...
-
AVO METER ANALOG KETERANGAN 1. Indicator zero corrector 2. Saklar pemilih batas ukur 3. Ter...
-
SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL Sistem Pengapian Konvensional Dan Bagian-bagiannya - Motor pembakaran dalam menghasilkan tenaga dengan...
-
Cara Pemasangan Re lay Kla kson Mobi l oleh : Gar A rifin diatas adalah gambar rangkaian relay sederhana pada klakson mobi...
-
Fungsi Komponen-komponen Mesin 1. Blok Silinder (Cylinder Block) Fungsi : Sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari prose...
-
ENGINE EFI SCAN DIAGNOSIS MENCARI GANGGUAN PADA MESIN INJEKSI BENSIN DAN PEMECAHANNY A Gangguan yang terjadi dalam engine EFI ditunjukan de...
-
CARA MUDAH PENYETELEN KATUP MOBIL PENGERTIAN KLEP / KATUP Klep atau dalam bahasa inggrisnya bernama Valve biasa di sebut juga katup...
-
AERODINAMIKA UNTUK MOBIL Abstraksi. Aerodinamika untuk mobil menjadi aspek yang sangat diperhatikan dalam desain bodi mobil, se...
-
Nama-nama komponen : 1. Ring piston 2. Piston & piston pin 3. Engine block 4. Camshaft 5. Camshaft gear / camshaft sprocket 6....
-
relay adalah saklar elektronik, yang mana kontak pada saklar digerakkan oleh medan magnet, medan magnet pada relay dikontrol oleh kompon...
No comments:
Post a Comment